Profil Desa

Desa Suru termasuk dalam wilayah Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur dengan ketinggian 400 mpdl dan luas wilayah 881,42 ha. Dengan ketinggian tersebut, desa suru memiliki udara yang sejuk dan suasana yang asri. Dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan sawah yang luas, Desa Suru menawarkan pesona alam yang memukau dan udara segar yang menenangkan. Desa Suru memiliki populasi yang ramah dan hangat. Masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai petani, dengan sebagian kecil juga bekerja di sektor perdagangan dan industri kecil. Mereka mempertahankan tradisi dan adat istiadat yang kaya, seperti tarian tradisional dan musik gamelan.

 

Desa Suru dikenal dengan pertanian dan perkebunan yang subur. Sawah yang luas memberikan panorama yang menakjubkan, dengan lapisan hijau padi yang membentang sejauh mata memandang. Wisatawan dapat melihat proses pertanian tradisional atau bahkan berpartisipasi dalam kegiatan pertanian bersama warga setempat.

Desa Suru juga memiliki potensi ekowisata yang menarik. Hutan-hutan yang terjaga dengan baik menawarkan trekking dan hiking yang menantang. Wisatawan dapat menjelajahi jalur-jalur alam yang indah, memancarkan suara burung dan aliran sungai yang menyejukkan. Beberapa spesies flora dan fauna langka juga bisa ditemukan di daerah ini, menjadikannya tempat yang menarik bagi para pecinta alam dan fotografi alam.

Masyarakat Desa Suru sangat menjaga kelestarian alam dan lingkungan mereka. Mereka berkomitmen untuk menjaga kebersihan dan keindahan desa mereka, dengan melakukan kegiatan penghijauan dan pengelolaan sampah yang baik. Hal ini mencerminkan budaya peduli lingkungan yang melekat dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan kekayaan budaya, alam yang indah, dan keramahan masyarakatnya, Desa Suru adalah destinasi yang menarik untuk dikunjungi bagi mereka yang ingin mengeksplorasi kehidupan pedesaan yang autentik di Indonesia.